Sabtu, 24 November 2012

Tulang Daun

Tulang Daun

Tulang daun berdasarkan besar kecilnya dibedakan dalam 3 macam, yaitu:
a) Ibu tulang daun (costa),
b) Tulang-tulang cabang (nervus lateralis), dan
c) Urat-urat daun (vena).

Jenis-jenis tulang daun
Bentuk tulang daun bermacam-macam, antara lain, menyirip, melengkung, menjari,sejajar Dan Melengkung. Bentuk-bentuk tulang daun yang sering dijumpai di Kebun Buah Mangunan, yaitu:

A. Menyirip (penninervis)
Tulang daun jenis ini memiliki susunan seperti sirip-sirip ikan, tersusun rapi mulai dari tangkai daun hingga ujung dari helai daun. Daun dengan susunan tulang daun menyirip dapat kita jumpai pada kuweni (Mangifera odorata), durian (Durio zibethinus Murr), belimbing manis (Averrhoa carambola L), jambu dersono (Syzygium malaccense), jambu biji (Psidium guajava L.), jambu mete (Anacardium occidentale L.),tulang daun mangga,tulang daun rambutan dan lain-lain.
B. Menjari (palminervis)
Tanaman ini mempunyai satu tulang daun yang besar dan bentuknya seperti jari-jari tangan manusia. Daun dengan susunan tulang daun menjari dapat kita jumpai pada daun papaya (Carica papaya),tulang daun singkong,tulang daun kapas,ketela pohon dll.
C. Sejajar(rectinervis)
Biasanya terdapat pada daun-daun bangun garis dan bangun pita, yang mempunyai satu tulang ditengah yang besar membujur daun, sedang tulang-tulang lainnya jelas lebih kecil dan nampaknya semua mempunyai arah sejajar dengan ibu tulangnya tadi. Contoh tumbuhan berbiji di Kebun Buah Mangunan yang memiliki tulang daun rectinervis adalah Zea mays
Tulang daun tebu,tulang dau padi,tulang rumput-rumputan dll.
D. Melengkung
Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis-garis melengkung ,,,Contohnya: Tulang daun Genjer,tulang daun sirih, tulang daun gadung,tulang daun kelapa dll..