Jumat, 31 Mei 2013

Relationship Database

Relationship Database
Relationship database adalah sekumpulan data yang dapat dibuat diantara dua colume di dalam kedua tabel. Misalnya kita akan mengolah nilai siswa, kita menyimpan biodata siswa pada sebuah tabel, lalu menyimpan nilai hasil ulangan siswa pada tabel lain dengan satu tabel untuk satu mata pelajaran saja, sedangkan untuk membuat nilai raport (tabel nilai semester) semua tabel harus dapat dikaitkan satu dengan yang lain. Untuk menghubungkan masing–masing tabel kita harus mempunyai kunci pengait, misalnya NIS (nomor induk siswa) kegiatan ini yang disebut database relational.
Ada dua field kunci sejenis yang dapat menghubungkan semua tabel yaitu :
1. Primary key adalah suatu field atau kombinasi field yang secara unik mengidentifikasi setiap record di dalam tabel. Contoh NIS yang terdapat pada table biodata.
2. Foreign key adalah suatu field atau kombinasi field yang lebih baik dibandingkan dengan field primary key atau field di tabel lain dalam mengidentifikasi suatu record. Contoh NIS yang terdapat pada tabel nilai semester.

Jenis-Jenis Relationship

Jenis dari relationship yang ada di Microsoft Access ada 3 yaitu :
1. One to many relationship
2. Many to many relationship
3. One to one relationship

1. One To Many Relationship

One to many relationship adalah jenis yang paling biasa dari relationship. Di one to many relationship sebuah record atau tampilan di table A dapat mempunyai banyak kesesuaian dengan record table B, tetapi record di table B hanya satu yang sesuai dengan record di tabel A.
Jadi one to many relationship dibuat jika hanya dari field yang dihubungkan mempunyai primary key atau unique index. Unique index adalah sebuah index diartikan oleh field yang diatur petunjuk property untuk tidak menyalin atau meniru.

2. Many To Many Relationship

Many to many relationship, di many to many relationship, sebuah record di tabel A dapat mempunyai banyak kesesuaian record di tabel B dan record di tabel B dapat mempunyai banyak kesesuaian record di tabel A. Tipe dari relationship ini hanya mungkin ditegaskan dengan tiga tabel (disebut junction table) yang memiliki primary key yang terdiri dari dua field, foreign key dari tabel A dan tabel B. Many to many relationship sebenarnya adalah dua kalinya dari one to many relationship untuk tabel rincian pengiriman barang. Satu pengiriman dapat mendapatkan banyak barang dan setiap barang dapat kelihatan dari banyaknya pengiriman .
Jadi many to many relationship sebenarnya dua kalinya dari one to many relationship dengan junction table yang memiliki primary key yang terdiri dari dua field, foreign key dari dua tabel yang berbeda.

3. One To One Relationship

One to one relationship, di one to one relationship, setiap record di tabel A hanya dapat mempunyai satu record yang sesuai di tabel B dan setiap record di tabel B hanya dapat mempunyai satu record yang sesuai di tabel A. Tipe dari relationship ini tidak biasa, karena banyak sekali informasi yang saling berhubungan di dalam cara ini akan menjadi satu tabel. Kamu mungkin menggunakan one to one relationship untuk menghubungkan sebuah tabel dengan banyak field, memisahkan bagian dari tabel untuk tanggapan pengaman atau pengamanan, atau untuk mengirimkan informasi ini pengunaannya hanya untuk menggantikan letak dari tabel utama. Untuk contoh kamu mungkin ingin membuat sebuah tabel untuk mencari partisipasi pegawai dalam penyumbangan dana permainan sepak bola. Setiap pemain sepak bola di dalam tabel pemain sepak bola mempunyai satu record yang sesuai di tabel pegawai.
Jadi one to one relationship dibuat jika kedua field yang saling berhubungan mempunyai primary key atau unique index.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar