Rabu, 26 Juni 2013

Agroindustri

 

1. Definisi Agroindustri Pengolahan

Agroindustri adalah industri yang mengolah komoditas pertanian primer menjadi produk olahan baik produk antara (intermediate product) maupun produk akhir (finish product), termasuk di dalamnya adalah penanganan pasca panen, industri pengolahan makanan dan minuman, industri biofarmaka, industri bio-energy, industri pengolahan hasil ikutan (by-product) serta industri agrowisata (Ditjen Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Departemen Pertanian, 2002:2).

Agroindustri dapat digolongkan ke dalam aktiviti ekonomi yang berorientasikan sumber bahan input (resources oriented) kerana bahan mentah merupakan industri yang mengurang berat (weight losing material) serta mempunyai ciri sebagai berikut:
  1. Bahan mentahnya mudah rusak/busuk sehingga memerlukan pembuatan secepatnya;
  2. Bahan mentahnya mengalami pengurangan berat setelah mengalami pembuatan dan ini memerlukan lokasi agroindustri (kilang pembuatan) yang dekat sumber bahan mentah untuk menjimatkan kos pengeluaran.
Agroindustri penting untuk menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional masa depan, karena (Ditjen Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Departemen Pertanian, 2002:3) :
  1. Industri pengolahan mampu mentransformasikan keunggulan komparatif menjadi keunggulan bersaing (kompetitif), yang pada akhirnya akan memperkuat daya saing produk agribisnis Indonesia;
  2. Produknya memiliki nilai tambah dan pangsa pasar yang besar sehingga kemajuan yang dicapai dapat mempengaruhi pertumbuhan perekonomian nasional secara keseluruhan;
  3. Memiliki keterkaitan yang besar baik ke hulu maupun ke hilir (forward and backward linkages), sehingga mampu menarik kemajuan sektor-sektor lainnya;
  4. Memiliki basis bahan baku lokal (keunggulan komparatif) yang dapat diperbaharui sehingga terjamin sustainabilitasnya;
  5. Memiliki kemampuan untuk mentransformasikan struktur ekonomi nasional dari pertanian ke industri dengan agroindustri sebagai motor penggeraknya.
Prioritas utama pengembangan agroindustri difokuskan pada sinergi antara keunggulan komparatif sumberdaya dengan orientasi pasar, yakni (Ditjen Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Departemen Pertanian, 2002:4):
    1. Industri pengolahan hasil perkebunan seperti industri pengolahan minyak sawit dan kelapa, industri coklat olahan, industri gula, industri biji mete olahan, industri kopi bubuk/instan, dan industri teh olahan;
    2. Industri pengolahan hasil tanaman pangan dan hortikultura seperti industri buah dan sayur dalam kaleng, industri minuman sari buah, industri tepung tapioka dan derivatnya, industri pakan ternak, dan industri makanan ringan;

    1. Industri pengolahan hasil peternakan seperti industri susu olahan, industri daging dalam kaleng, dan industri penyamakan kulit;
    2. Industri pengolahan hasil ikutan/samping seperti industri agro-composting, industri pakan ternak, industri coco fiber dan coco peat, industri karbon aktif, industri minuman dari buah jambu mete, industri nata de-coco dan lain-lain.

2. Prinsip-prinsip Agroindustri Pengolahan

Wibowo (1997) mengemukakan perlunya pengembangan agroindustri di pedesaan dengan memperhatikan prinsip-prinsip dasar diantaranya:
    1. Memacu keunggulan kompetitif produk/komoditi serta komparatif setiap wilayah;
    2. Memacu peningkatan kemampuan suberdaya manusia dan menumbuhkan agroindustri yang sesuai dan mampu dilakukan di wilayah yang dikembangkan;
    3. Memperluas wilayah sentra-sentra agribisnis komoditas unggulan yang nantinya akan berfungsi sebagai penyandang bahan baku yang berkelanjutan;
    4. Memacu pertumbuhan agribisnis wilayah dengan menghadirkan subsistem-subsitem agribisnis;
    5. Menghadirkan berbagai sarana pendukung berkembangnya industri.
Pengembangan agroindustri sebagai pilihan model modernisasi haruslah dapat meningkatkan kesempatan kerja dan pendapatan petani. Untuk itu perumusan perencanaan pembangunan pertanian, perlu disesuaikan dengan karakteristik wilayah dan ketersediaan teknologi tepat guna. Sehingga alokasi sumberdaya dan dana yang terbatas, dapat menghasilkan output yang optimal, yang pada gilirannya akan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat. Agar model pembangunan yang berkelanjutan dapat terwujud diperlukan pedoman pengelolaan sumber daya melalui pemahaman wawasan agroekosistem secara bijak, yaitu pemanfaatan asset-aset untuk kegiatan ekonomi tanpa mengesampingkan aspek-aspek pelestarian lingkungan.

3. Tujuan & sasaran Agro industri Pengolahan

Tujuan yang ingin dicapai dalam pengembangan agroindustri perdesaan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan melalui upaya peningkatan nilai tambah dan daya saing hasil pertanian. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pengembangan agroindustri perdesaan diarahkan untuk:

    1. Mengembangkan kluster industri, yakni industri pengolahan yang terintegrasi dengan sentra-sentra produksi bahan baku serta sarana penunjangnya;
    2. Mengembangkan industri pengolahan skala rumah tangga dan kecil yang didukung oleh industri pengolahan skala menengah dan besar, dan
    3. Mengembangkan industri pengolahan yang punya daya saing tinggi untuk meningkatkan ekspor dan memenuhi kebutuhan dalam negeri (www.litbang.deptan.go.id diakses tanggal 9 November 2009).

4. Faktor-Faktor Lokasi

Banyak faktor yang dipergunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan dimankah seharusnya lokasi suatu perusahaan yang setepat-tepatnya. Banyak faktornya, akan tetapi yang dipertimbangkan hanyalah faktor-faktor yang ada hubungannya dengan jenis usaha dari perusahaan (Soehardi Sigit, 1987: 43-44). Faktor-faktor yang dipergunakan sebagai dasar pertimbangan pada umumnya adalah:
    1. Pasar
Masalah pasar tidak boleh diabaikan sama sekali. Semua perusahaan yang usahanya dengan cara menjual barang dan atau jasa, maka faktor pasar dan faktor pembeli harus diperhitungkan terlebih dahulu. Masalah pasar harus terlebih dahulu diteliti: jauh dekatnya dengan perusahaan, kuantitas dan kualitas barang yang diperlukan oleh pasar tersebut, dan kekuatan daya beli masyarkat akan jenis barang yang diproduksi. Jauh dekatnya dengan pasar juga akan berpengaruh terhadap kecepatan pengiriman barang, bagi barang-barang yang lekas rusak perihal kecepatan dan lamanya penyerahan perlu dipertimbangkan.
    1. Bahan baku
Perusahaan manufaktur mentransformasi material, tenaga kerja dan jasa-jasa lainnya menjadi barang baru. Di dalam menentukan lokasi lokasi perusahaan sumber (asal) bahan baku yang diperlukan sebagai input harus dipertimbangkan. Ini erat sekali dengan masalah biaya produksi. Material yang murah harganya, tetapi jauh letaknya dari lokasi perusahaan akan mengakibatkan baiya angkutan yang relatif tinggi, dan selanjutnya akan mengakibatkan biaya produksi yang relatif mahal. Dilihat dari segi materialnya, lokasi peusahaan haruslah di tempat yang biaya materialnya adalah relatif paling murah.


    1. Tenaga kerja
Perihal tenaga kerja harus diperhitungkan benar-benar terutama bagi perusahaan yang padat karya, atau perusahaan yang biaya barang produknya sebagian besar tergantung atau terdiri atas biaya tenaga kerja. Pasar tenaga kerja pun harus diketahui, apakah pasar tenaga kerja di tangan pengusaha (perusahaan) ataukah di tangan pekerja. Jika pasarnya di tangan pengusaha (perusahaan), yang berarti bahwa tenaga kerja itu memerlukan pekerjaan dan penghasilan, maka ada kemungkinan tenaga kerja itu dapat ditarik ke lokasi yang relatif tenaga kerja tidak lebih dominan. Jadi kemungkinan dapat ditarik ke tempat perusahaan, bersamaan dengan yang disebut aglomerasi dan/atau urbanisasi.
    1. Transportasi
Letak perusahaan ditentukan juga oleh faktor transportasi, yang menghubungkan lokasi dengan pasar, lokasi dengan bahan baku, lokasi dengan tenaga kerja. Faktor transportasi harus diperhitungkan dalam arti diusahakan bahwa biaya transportasi penjualan (ke konsumen) adalah yang relatif paling murah, biaya pengangkutan bahan baku dari sumbernya adalah relatif yang termurah, demikian juga biaya transportasi tenaga kerja pulang-balik ke tempat tinggal tenaga kerja adal;ah yang paling murah.
    1. Pelayanan teknis dan produktif
Sumber-sumber teknis dan produktif ialah faktor-faktor yang dapat memberikan pelayanan untuk keperluan-keperluan teknis dan juga faktor-faktor yang dapat memberikan jasa produktif. Pelayanan untuk keperluan pemeliharaan, perbaikan (reparasi). Sumber-sumber tenaga, yaitu listrik, air keadaan iklim juga termasuk fasilitas komunikasi seperti telepon, telegram, dinas pos, perbankan juga perlu dipertimbangkan.
    1. Inducement setempat
Inducement setempat adalah dorongan lokal yang mendukung perusahaan, misalnya pemberian keringanan pajak, sewa tanah sangat murah, mendapat perlindungan penjagaan keamanan dan sebagainya. Inducement setempat perlu dipertimbangkan terutama didalam membandingkan tempat-tempat lain terdapat penilaian yang sama.


    1. Sifat-sifat khusus perusahaan
Tiap-tiap perusahaan mempunyai sifat-sifat khusus, ini juga harus diperhitungkan. Perusahaan yang membuat barang yang mudah meledak (eksplosif) tidak dapat ditempatkan di sembarang tempat, apalagi di daerah atau di tengah-tengah tempat tinggal penduduk. Demikian juga perusahaan yang mengakibatkan bau yang tidak enak (berbau busuk) dan polutan yang berbahaya.
    1. Kemungkinan-kemungkinan lain
Hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan misalnya kemungkinan untuk perluasan, apakah lokasinya memenuhi syarat-syarat. Juga hal lain seperti kemungkinan timbul bahaya dari kekuatan alam atau dari kekuatan sosial. Bahaya alam misalnya dilanda banjir, lahar, tanah longsor, gempa bumi dan kebakaran. Bahaya sosial, misalnya pencurian, tantangan dari masyarakat, dan pengrusakan-pengrusakan. Oleh karena itu hal-hal yang mungkin seperti itu, sebelumnya harus benar-benar diramalkan. Tidak jarang terjadi suatu perusahaan yang letaknya sudah paling optimal, harus meninggalkan tempat karena adanya hal-hal yang semula di luar dugaannya.

5. Karakteristik Penentuan Lokasi Industri

Untuk mengamati karakteristik penentuan lokasi industri, perlu diketahui pertimbangan utama yang mendasarinya. Ada 5 pertimbangan utama yang dapat dikenali (R. Soemita A. K., 1978: 162-164), yaitu:
    1. Pertimbangan ekonomis, terutama menyangkut masalah biaya untuk memperoleh keuntungan maksimal dengan pengeluaran minimal;
    2. Lokasi historis, seperti tanah adat, tanah warisan, tanah kosong yang telah lama dimiliki sebelum perusahaan berdiri, kegiatan usaha masyarakat yang lakukan secara turun-temurun;
    3. Lokasi yang ditunjuk atau ditentukan pemerintah, karena alasan politis, strategis, keamanan maupun kepentingan perencanaan;
    4. Lokasi yang ditentukan secara spekulasi atau tanpa memperhitungkan faktor penting yang mempengaruhi suatu lokasi industri;
    5. Jenis industri yang “footlose”, yaitu dapat berlokasi di sembarang tempat. Industri ini tidak bergantung pada faktor lokasi.


Pada dasarnya penentuan lokasi industri mendasarkan pada teori “Tempatkanlah pada titik geografis yang paling banyak memberikan kesempatan kepada perusahaan di dalam usaha mencapai tujuannya” (Soehardi Sigit, 1987: 43). Ini diartikan di tempat yang dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi perusahaan untuk melakukan usahanya, dengan mempertimbangkan kemungkinan profit yang tinggi, karena pada tempat yang ditentukan itu penjualan diperhitungkan menghasilkan yang lebih baik, biaya yang paling rendah, hubungan dengan langganan adalah yang paling baik, hubungan dengan karyawan adalah yang paling baik pula, dan ini semua dapat berjalan dalam jangka waktu yang panjang.

5 komentar:

  1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment STP dll , untuk informasi lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    081310849919
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Ini adalah Bpk. Benjamin yang menghubungi rincian Email, lfdsloans @ outlook.com. / lfdsloans@lemeridianfds.com Atau Whatsapp 1 989-394-3740 yang membantu saya dengan pinjaman 90.000,00 Euro untuk memulai bisnis saya dan saya sangat bersyukur, sangat sulit bagi saya di sini untuk mencoba membuat hal-hal sebagai ibu tunggal tidak mudah dengan saya tetapi dengan bantuan Le_Meridian memberikan senyum di wajah saya ketika saya melihat bisnis saya tumbuh lebih kuat dan berkembang juga. Saya tahu Anda mungkin terkejut mengapa saya meletakkan hal-hal seperti ini di sini tetapi saya benar-benar harus mengucapkan terima kasih jadi siapa pun yang mencari bantuan keuangan atau melalui kesulitan dengan bisnis yang ada atau ingin memulai proyek bisnis dapat melihat hal ini dan memiliki harapan untuk keluar dari kesulitan..Terima Kasih.

    BalasHapus
  3. Halo pemirsa di seluruh dunia, Ada kabar baik untuk Anda semua hari ini dapatkan kartu ATM Kosong Anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia. Kami memiliki program khusus kartu ATM yang dapat digunakan untuk meretas mesin ATM, kartu ATM dapat digunakan untuk menarik di ATM atau geser, di toko dan POS. Kami memberikan kartu ini kepada semua klien yang tertarik di seluruh dunia, Kami memberikan Kartu ATM Kosong. Apakah Anda ingin menjalani kehidupan yang baik yang dianggap ilegal, cara termudah untuk menjadi jutawan. itu juga memiliki teknik yang membuat CCTV tidak mungkin mendeteksi Anda dan Anda hanya dapat menarik sejumlah $ 5.000 Dolar dalam sehari di Mesin ATM juga tersedia saat pengiriman tunai. Kami memberikan hingga $ 10.000,00 hingga $ 1.000.000,00 Dolar Dengan layanan peretasan jaringan kami. Kami dapat Memulihkan semua uang Anda yang hilang ke Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya, penipuan hipotek / realestate, dan ICO palsu dalam waktu 48 jam atau kurang. (Thomas Freddie Hackers) bekerja sama sebagai tim untuk melacak & memulihkan dana kembali dari PENCIPTA internet yang paling sulit. CATATAN!! Kami telah menerima laporan memilukan yang tak terhitung jumlahnya dari penipu terkenal dan kami berhasil memulihkannya kembali melalui kontak thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Hubungi kami di ((Pemulihan Biner. Kelas Universitas. Menyeka Catatan Kriminal, Peretasan FB & IG, Telegram, Muatan & Peretasan Telepon)) membatasi kami dengan pekerjaan Anda & izinkan kami memberi Anda hasil positif dengan keterampilan peretasan kami. Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda, Jika Anda membutuhkan layanan peretasan cyber lainnya, kami siap membantu Anda kapan saja, kapan saja, jadi hubungi kami melalui Alamat Email kami: thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Salam
    THOMAS FREDDIE HACKER TANPA BATAS
    Kirim email ke thomasunlimitedhackers@gmail.com
    Telepon / SMS: +1 (985)465-8370
    Motto: Kami menawarkan layanan tercepat dan terpercaya

    BalasHapus
  4. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    1.
    Coagulan, nutrisi dan bakteri
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Degreaser & Floor Cleaner Plant

    2.
    Oli industri
    Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    3.
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Disinfectant
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet
    CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
    Almunium

    BalasHapus