Selasa, 25 Juni 2013

Komponen Indikator Kinerja Kunci

KOMPONEN
INDIKATOR KINERJA KUNCI
MINIMAL
TAMBAHAN
1.
AKREDITASI
Berakreditasi minimal A dari Badan Akreditasi Nasional - Sekolah dan Madrasah (BAN - S/M)
Berakreditasi tambahan dari badan akreditasi sekolah pada salah satu negara anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) dan/atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan
2.
KURIKULUM
Menerapkan KTSP
Sistem administrasi akademik berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di mana setiap saat siswa bisa mengakses transkripnya masing-masing
Menerapkan sistem satuan kredit semester
Memenuhi Standar Isi
Muatan mata pelajaran setara atau lebih tinggi dari muatan pelajaran yang sama pada sekolah unggul dari salah satu negara anggota OECD dan/atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan
Memenuhi Standar Kompetensi Lulusan
Menerapkan standar kelulusan yang lebih tinggi dari Standar Nasional Pendidikan
3.
PROSES PEMBELAJARAN

Memenuhi Standar Proses
Proses pembelajaran pada semua mata pelajaran menjadi teladan bagi sekolah lainnya dalam pengembangan akhlak mulia, budi pekerti luhur, kepribadian unggul, kepemimpinan, jiwa entrepreneural, jiwa patriot, dan jiwa inovator
Diperkaya dengan model proses pembelajaran sekolah unggul dari negara anggota OECD dan/atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan
Menerapkan pembelajaran berbasis TIK pada semua mata pelajaran
Pembelajaran mata pelajaran kelompok sains, matematika, dan inti kejuruan menggunakan bahasa Inggris, sementara pembelajaran mata pelajaran lainnya, kecuali pelajaran bahasa asing, harus menggunakan bahasa Indonesia
4.
PENILAIAN
Memenuhi Standar Penilaian
Diperkaya dengan model penilaian sekolah unggul dari negara anggota OECD dan/atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan
5.
PENDIDIK
Memenuhi Standar Pendidik
Semua guru mampu memfasilitasi pembelajaran berbasis TIK.
Guru mata pelajaran kelompok sains, matematika, dan teknologi mampu mengampu pembelajaran berbahasa Inggris.
Minimal 30% guru berpendidikan S2/S3 dari Perguruan Tinggi yang program studinya berakreditasi A
6.
TENAGA KE-PENDIDIKAN
Memenuhi Standar Tenaga Kependidikan
Kepala Sekolah berpendidikan minimal S2 dari Perguruan Tinggi yang program studinya berakreditasi A dan telah menempuh pelatihan kepala sekolah dari lembaga pelatihan kepala sekolah yang diakui oleh Pemerintah.
Kepala Sekolah mampu berbahasa Inggris secara aktif.
Kepala Sekolah bervisi internasional, mampu membangun jejaring internasional, memiliki kompetensi manajerial, serta jiwa kepemimpinan dan entrepreneural yang kuat.
7.
SARANA DAN PRASARANA
Memenuhi Standar Sarana dan Prasarana
Setiap ruang kelas dilengkapi dengan sarana pembelajaran berbasis TIK
Perpustakaan dilengkapi dengan sarana digital yang memberikan akses ke sumber pembelajaran berbasis TIK di seluruh dunia
Dilengkapi dengan ruang multi media, ruang unjuk seni budaya, fasilitas olah raga, klinik, dan lain sebagainya
8.
PENGELOLAAN
Memenuhi Standar Pengelolaan
Meraih sertifikat ISO 9001 versi 2000 atau sesudahnya dan ISO 14000
9.
PEMBIAYAAN
Memenuhi Standar Pembiayaan
Menerapkan model pembiayaan yang efisien untuk mencapai berbagai target Indikator Kunci Tambahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar