KOMPONEN
|
INDIKATOR
KINERJA KUNCI
|
||
MINIMAL
|
TAMBAHAN
|
||
1.
|
AKREDITASI
|
Berakreditasi
minimal A dari Badan Akreditasi Nasional - Sekolah dan Madrasah
(BAN - S/M)
|
Berakreditasi
tambahan dari badan akreditasi sekolah pada salah satu negara
anggota Organization for Economic Co-operation and Development
(OECD) dan/atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan
tertentu dalam bidang pendidikan
|
2.
|
KURIKULUM
|
Menerapkan
KTSP
|
Sistem
administrasi akademik berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) di mana setiap saat siswa bisa mengakses transkripnya
masing-masing
|
Menerapkan
sistem satuan kredit semester
|
|||
Memenuhi
Standar Isi
|
Muatan
mata pelajaran setara atau lebih tinggi dari muatan pelajaran yang
sama pada sekolah unggul dari salah satu negara anggota OECD
dan/atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu
dalam bidang pendidikan
|
||
Memenuhi
Standar Kompetensi Lulusan
|
Menerapkan
standar kelulusan yang lebih tinggi dari Standar Nasional
Pendidikan
|
||
3.
|
PROSES
PEMBELAJARAN
|
Memenuhi
Standar Proses
|
Proses
pembelajaran pada semua mata pelajaran menjadi teladan bagi
sekolah lainnya dalam pengembangan akhlak mulia, budi pekerti
luhur, kepribadian unggul, kepemimpinan, jiwa entrepreneural, jiwa
patriot, dan jiwa inovator
|
Diperkaya
dengan model proses pembelajaran sekolah unggul dari negara
anggota OECD dan/atau negara maju lainnya yang mempunyai
keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan
|
|||
Menerapkan
pembelajaran berbasis TIK pada semua mata pelajaran
|
|||
Pembelajaran
mata pelajaran kelompok sains, matematika, dan inti kejuruan
menggunakan bahasa Inggris, sementara pembelajaran mata pelajaran
lainnya, kecuali pelajaran bahasa asing, harus menggunakan bahasa
Indonesia
|
|||
4.
|
PENILAIAN
|
Memenuhi
Standar Penilaian
|
Diperkaya
dengan model penilaian sekolah unggul dari negara anggota OECD
dan/atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu
dalam bidang pendidikan
|
5.
|
PENDIDIK
|
Memenuhi
Standar Pendidik
|
Semua
guru mampu memfasilitasi pembelajaran berbasis TIK.
|
Guru
mata pelajaran kelompok sains, matematika, dan teknologi mampu
mengampu pembelajaran berbahasa Inggris.
|
|||
Minimal
30% guru berpendidikan S2/S3 dari Perguruan Tinggi yang program
studinya berakreditasi A
|
|||
6.
|
TENAGA
KE-PENDIDIKAN
|
Memenuhi
Standar Tenaga Kependidikan
|
Kepala
Sekolah berpendidikan minimal S2 dari Perguruan Tinggi yang
program studinya berakreditasi A dan telah menempuh pelatihan
kepala sekolah dari lembaga pelatihan kepala sekolah yang diakui
oleh Pemerintah.
|
Kepala
Sekolah mampu berbahasa Inggris secara aktif.
|
|||
Kepala
Sekolah bervisi internasional, mampu membangun jejaring
internasional, memiliki kompetensi manajerial, serta jiwa
kepemimpinan dan entrepreneural yang kuat.
|
|||
7.
|
SARANA
DAN PRASARANA
|
Memenuhi
Standar Sarana dan Prasarana
|
Setiap
ruang kelas dilengkapi dengan sarana pembelajaran berbasis TIK
|
Perpustakaan
dilengkapi dengan sarana digital yang memberikan akses ke sumber
pembelajaran berbasis TIK di seluruh dunia
|
|||
Dilengkapi
dengan ruang multi media, ruang unjuk seni budaya, fasilitas olah
raga, klinik, dan lain sebagainya
|
|||
8.
|
PENGELOLAAN
|
Memenuhi
Standar Pengelolaan
|
Meraih
sertifikat ISO 9001 versi 2000 atau sesudahnya dan ISO 14000
|
9.
|
PEMBIAYAAN
|
Memenuhi
Standar Pembiayaan
|
Menerapkan
model pembiayaan yang efisien untuk mencapai berbagai target
Indikator Kunci Tambahan
|
Selasa, 25 Juni 2013
Komponen Indikator Kinerja Kunci
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar